18 Hal unik di China



Peradaban China. Ribuan penemuan indah diciptakan di negara itu yang telah mengubah seluruh dunia. Bahkan hingga hari ini masih banyak hal mengejutkan terjadi di sana.
Seperti gambar-gambar yang dikumpulkan oleh BrightSide.me berikut ini. Gambar-gambar tersebut menunjukkan betapa kehidupan sehari-hari di China sangat berbeda dengan yang lain.

18. Banyak yang bergerak bisa menjadi makanan



Banyak satwa liar yang ditawarkan di supermarket dan bazaar sebagai pilihan untuk dimakan, dari hiu, buaya, kura-kura, anjing, kucing, katak, kecoak, hingga belatung. Jadi jika memesan makanan, pastikan untuk bertanya pada pelayan tentang hidangan yang ada karena masakan lokal sangat beragam.

17. Celana khusus anak-anak



Anak-anak berusia 2-3 tahun memakai celana dengan lubang di bagian bawah sehingga mereka bisa kencing dengan bebas.

16. Mengenakan piyama di tempat umum



Banyak orang China, tidak peduli berapa usia mereka, mengenakan piyama ke toko, jalan-jalan, atau ke kafe bersama teman-teman.

15. Mie umur panjang



Di China ada yang namanya mie umur panjang. Hidangan tradisional ini dihidangkan saat ulang tahun, pernikahan, dan untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Mie yang panjangnya beberapa meter ini akan mengisi mangkuk sampai penuh. Mereka percaya semakin panjang dan padat mie yang dibuat, maka akan semakin panjang umur dan kaya kehidupan orang yang memakannya.

14. Kereta api super cepat



Ada rute di China dimana kereta api berkecepatan tinggi mencapai kecepatan rata-rata 350 km/jam. Tujuan mereka menciptakan kereta api ini adalah untuk menghubungkan daerah terpencil di negara ini sambil menciptakan transportasi alternatif yang lebih murah dibanding penerbangan. Kereta ini merupakan salah satu kereta tercepat di dunia. Pada tahun 2010 tercatat rekor kecepatannya, saat sebuah kereta mencapai kecepatan 486 km/jam.

13. Jarang merayakan ulang tahun



Banyak yang merayakan ulang tahun mereka menurut tradisi lama, yaitu 30 hari pertama setelah kelahiran, kemudian satu tahun setelah kelahiran, pada usia 6 tahun, dan kemudian setiap 10 tahun, dengan perayaan besar pada usia 60 dan 80 tahun. 
Ada beberapa usia tertentu yang tidak dirayakan sama sekali. Kebanyakan wanita percaya bahwa mereka akan mengalami nasib buruk sepanjang tahun pada usia ke 30, ke 33, dan ke 66, jadi mereka tidak merayakannya. Sementara pria melewatkan ulang tahun ke 40 mereka dengan alasan yang sama.

12. Tukang cukur rambut di mana-mana



Sama seperti di Indonesia, tukang cukur rambut di China ada di mana-mana. kamu bisa menemukannya di kedai atau di pinggir jalan dengan tarif yang murah. Selain itu, mereka juga mencukur rambut dengan cepat.

11. Angsa penjaga



Polisi di daerah pedesaan di China tidak lagi beralih dari anjing untuk berjaga di kantor polisi di malam hari. Mereka menggunakan angsa yang terkenal berisik jika bertemu orang asing sebagai gantinya. Selain itu diyakini ada sekitar 10.000 ekor merpati pos yang dipelihara oleh Angkatan Darat China untuk mengirim pesan.

10. Telur asin unik



Ada satu camilan yang populer di China yaitu telur asin. Cara membuatnya mudah. Telur ayam segar dilapisi teh, kapur, garam, abu, dan tanah liat kemudian dibungkus jerami dan sekam padi, lalu dikubur dalam tanah selama 3-4 bulan.
Ada juga telur asin yang unik bernama Tongzi Dan. Telur asin ini terbuat dari telur ayam yang direbus sepanjang hari dalam larutan air kencing anak laki-laki yang belum menginjak pubertas.

9. Robot pelayan



Di China, Anda akan sering melihat restoran di mana segala sesuatu mulai dari memasak hingga menyajikan masakan dilakukan oleh robot. Restoran semacam ini pertama kali dibuka di sebuah institut penelitian beberapa tahun yang lalu dan menjadi sangat populer. Sekarang ada juga beberapa warga biasa membeli robot semacam itu untuk membantu di rumah.

8. Pabrik nyamuk terbesar



Di China ada pabrik yang mampu menghasilkan 20 juta ekor nyamuk setiap minggunya. China mungkin bisa berbangga dengan pabrik penghasil nyamuk terbesar di dunia ini. Nyamuk-nyamuk ini dikembangbiakkan untuk melawan nyamuk pembawa virus demam berdarah. 
Ilmuwan di China menginfeksi nyamuk jantan dengan bakteri khusus yang membuat mereka tidak subur, dan kemudian mereka dibebasliarkan untuk menginfeksi nyamuk betina yang mengakibatkan nyamuk betina tidak punya keturunan sehingga tidak ada lagi nyamuk penyebab demam berdarah.

7. Pengumpan kepik



Warga China membeli pengumpan kepik untuk menarik mereka tinggal di kebun dan rumah kaca. Kepik atau ladybugs adalah predator bagi serangga hama yang menyerang tanaman.

6. Es krim kacang hijau



Es krim sebenarnya berasal dari China yang kemudian resepnya sampai ke Eropa berkat Marco Polo. Namun orang-orang di China terus membuat kejutan membuat es krim dengan rasa yang tidak biasa. Yang paling populer saat ini adalah es krim kacang hijau.

5. Libur panjang saat Imlek



Imlek atau Tahun Baru China merupakan perayaan utama di negara ini. Oleh sebab itu pemerintah China merayakan Imlek dengan memberikan libur panjang selama 2 minggu penuh kepada rakyatnya. Saat inilah warga China di perantauan akan mudik sehingga wisatawan asing harus maklum dengan kemacetan dan keramaian yang terjadi di jalanan di sana.

4. Kue keberuntungan bukan dari China



Tradisi kue keberuntungan sebenarnya bukan budaya China melainkan budaya Jepang. Seorang koki asal Jepang pernah membawa resepnya ke Amerika Serikat yang akhirnya membuat kue keberuntungan ini populer di sana. Orang-orang China hanya melestarikan dan meramaikannya saat mereka merayakan Imlek.

3. Kota hantu



Meski sekitar 30 juta orang tinggal di rumah biasa dan yang lainnya bertahan hidup di apartemen seukuran lemari pakaian, banyak kota hantu yang luas dibiarkan kosong di China. Menurut berbagai sumber, kurang lebih ada 64 juta gedung pencakar langit yang dibiarkan kosong karena tidak ada penghuni. Kota hantu yang paling terkenal adalah Ordos.

2. Ping pong jadi olahraga nasional China



Pada tahun 2004, FIFA secara resmi mengakui bahwa sepak bola ditemukan di China. Sepak bola ditemukan di China pada abad ke 2 Sebelum Masehi sebagai sarana untuk melatih tentara. Tapi justru ping pong yang ditemukan di Inggris pada 100 tahun yang lalu menjadi olahraga yang populer di China .
Kebetulan sekali ping pong terdengar seperti bahasa Mandarins sehingga banyak orang menganggap ping pong berasal dari China.

1. China gudangnya lingerie aneh-aneh



Memiliki tren fashion tersendiri, China merupakan salah satu negara yang memiliki keunikan dalam desain pakaian dalamnya. Meski warganya kebanyakan tidak tertarik dengan pendidikan seks, tapi toko pakaian dalam di China menjual lingerie yang aneh-aneh.



(Sumber: Brightside.me)

No comments