10 Kembaran Bangunan Arsitektur Terkenal di Dunia



Seperti yang kita ketahui ada begitu banyak situs unik di dunia yang menjadi ciri khas di setiap wilayah. Orang biasanya menyebutnya sebagai landmark.
Namun, brightside menemukan adanya 'kembaran' dari sejumlah bangunan arsitektur terkenal di dunia. Bahkan, tanpa disadari kembaran tersebut terlihat identik.
Mari kita simak apa saja landmark "kembar" itu?

10. Colosseum / Pula Arena


Landmark Italy / Croatia
Colosseum adalah salah satu tempat wisata yang paling dikenal dan populer di dunia, namun sangat sedikit orang yang tahu bahwa saudara kembarnya berada di kota Pula, Kroasia. Suatu landmark yang di kota Pula ini adalah Amphitheater peninggalan Romawi kuno. Penduduk lokal biasa menyebutnya Arena. Dari kejauhan  kemegahannya mirip Colosseum di Roma. Sekarang arena pertarungan para gladiator ini digunakan sebagai tempat konser seni atau pertunjukan seni. Arena ini bisa menampung sekitar 20 ribu penonton.

9. Notre-Dame de Paris / Amiens Cathedral


Landmark Paris / Amiens

Bila Kamu melihat 2 gambar ini, Kamu mungkin ingin mulai bermain "temukan 10 perbedaan." Kedua katedral gothik ini ada di Prancis. Notre-Dame berada di Paris, dan yang satunya berada di bagian utara negara ini, Amiens.

8. Machu Picchu / Isla del Sol

Landmark Peru / Bolivia
Machu Picchu adalah kota Inca yang paling populer. Tapi tidak ada makanan atau air dan hanya ada sejumlah wisatawan saja. Kunjungan Machu Picchu sangat melelahkan dan mahal. Sebagai alternatif, Kamu bisa menemukan alternatifnya di Bolivia dan mengunjungi kota Inca yang lain, Isla del Sol.

7. Stonehenge / Avebury


Landmark Inggris

Kedua tempat ini hanya berjarak 30 kilometer. Namun jika di Stonehenge kamu enggak boleh masuk bahkan menyentuh batunya. Kamu bisa kok melakukanya di Avebury secara gratis. Kedua batuan ini ada di Inggris.

6. Petra / Lalibela

Landmark Yordania / Ethiopia
Petra adalah sebuah situs arkeologikal di Yordania. Tempat ini terkenal dengan bangunan arsitektur yang dipahat pada bebatuan serta sistem pengairannya. Tapi ternyata kamu lebih bisa banyak menemukan keseruan di Lalibela, Ethiopia, dibanding Petra yang lebih terkenal. Karena di Lalibela lebih banyak tempat wisata seperti gereja dan katedral yang diukir di batu, yang paling tidak biasa adalah Gereja Santo George.

5. Angkor Wat / Borobudur

Landmark Kamboja / Indonesia
Kedua tempat ini memang terlihat mirip. Menurut kamu mana yang lebih bagus? Angkor Wat yang ada di Kamboja atau Borobudur-nya Indonesia?

4. Saint Basil’s Cathedral / Church of the Savior on Blood

Landmark  Moskow / Saint Petersburg
Saint Basil’s Cathedral adalah salah satu landmark di Moskow, Rusia yang paling dikenal. Namun, sangat sedikit orang yang tahu bahwa ada Church of the Savior on Blood di Saint Petersburg yang dibangun serupa dengan katedral Moskow.

3. Acropolis / Ephesus

Landmark Yunani / Turki
Reruntuhan kota tua, sisa-sisa teater kuno, dan kuil dengan pilar semuanya dihubungkan dengan Yunani. Tapi sedikit orang yang  tahu Turki juga ada yang seperti itu. Ephesus memang tidak sepopuler Acropolis, tapi fakta ini tidak membuatnya kurang signifikan secara historis.

2. The Golden Gate Bridge / 25 de Abril Bridge

Landmark Amerika Serikat / Portugal
Ada banyak jembatan merah di dunia, namun hanya Jembatan Golden Gate yang begitu populer. Jembatan ini memiliki banyak "kembaran". Anda bisa pergi ke Portugal dan melihat jembatan gantung 25 de Abril Bridge.

1. Big Ben / Parliament Hill

Landmark Inggris / Kanada
Ini adalah contoh lain yang menunjukkan bahwa Anda tidak perlu pergi ke luar negeri untuk melihat pemandangan. Orang-orang Kanada memiliki Big Ben mereka sendiri. Peace Tower sangat mirip dengan yang ada di London. Jadi gausah ke Inggris. Tetapi sepertinya ada lagi satu di Arab Saudi yang juga sama kerenya namanya Makkah Royal Clock Tower!

Bonus : Hogwarts / Chernivtsi National University

Dunia Harry Potter / Ukraina
Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry mengubah penampilannya di 8 film Harry Potter, namun beberapa penggemar bahkan tidak menyadarinya. Jika direksi mengetahui tentang Universitas Nasional Chernivtsi, mereka tidak akan dipaksa pergi ke berbagai istana yang berbeda. Bangunan ini terlihat megah baik dari dalam maupun luar. Atmosfernya terlihat tepat untuk alam semesta Harry Potter. Apa kamu setuju?



(Sumber: Brightside.me)

No comments