Dilarang Berfoto di 8 Tempat Ini

Liburan adalah waktu dinanti untuk melakukan perjalanan. Liburan pun terasa kurang jika tidak berfoto di tempat-tempat wisata. Namun, di beberapa negara, Kamu  harus berhati-hati karena ternyata ada tempat atau hal tertentu yang ‘haram’ untuk difoto sehingga tanpa disadari bisa membuat kamu bermasalah dengan hukum. Kebanyakan, dilarang mengambil foto karena alasan keamanan, empati, dan tata krama.
Berikut ini tempat-tempat yang ‘haram’ untuk difoto:

1. Korea Selatan

Di negara yang terkenal dengan K-Popnya ternyata dilarang memotret wanita tanpa persetujuan mereka - meskipun di tempat umum. Mengabaikan peraturan ini dianggap sebagai tindakan agresi seksual dan dapat dihukum 5 tahun penjara atau denda 10 juta won ($ 8.800).

2. Belanda

Red Light District di Amsterdam terkenal dengan kanal yang indah, kedai kopi, dan tempat pelacuran terbesar di Belanda. Di bagian kota ini, pemilik lokal tidak senang saat wisatawan mengambil foto pelacur yang berdiri di jendela. Jika Kamu berani ke tempat ini membawa kamera, untung-untungan seseorang mungkin akan menyingkirkannya tapi yang paling buruk Kamu berisiko dipukuli.

3. Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, undang-undang yang terkait dengan pengambilan foto jauh lebih santai daripada di Korea Selatan. Tetap saja, Kamu mungkin mendapat masalah dalam beberapa kasus, kemungkinan besar akan memotret properti pribadi. Selalu disarankan untuk terlebih dahulu mendapatkan izin untuk memotret dari pemilik properti. Dan yang terpenting, selalu memperhatikan tanda-tanda larangan. Kalau melanggar, siap-siap saja masuk penjara!

4. United Arab Emirates

Di UAE, mengambil foto di tempat terlarang dapat menyebabkan hukuman penjara 1 sampai 3 bulan dan denda $ 1.361. Di banyak lokasi, dilarang menggunakan kamera karena takhayul lokal. Juga, Kamu tidak bisa memotret bangunan pemerintah, jembatan tertentu, dan istana para syekh. Larangan terkait istana tersebut sebenarnya ditulis dalam undang-undang negara tersebut.

5. Korea Utara

Jika Kamu ingin mengunjungi negara ini, Kamu tidak diizinkan meninggalkan hotel tanpa pemandu, Kamu juga tidak dapat mengambil foto tanpa izin pemandu. Jika Kamu tidak mematuhi, Kamu akan didenda atau mungkin bisa lebih buruk lagi.

6. Inggris

Orang-orang Inggris cenderung memperlakukan turis yang gila kamera dengan pengertian. Kamu dapat mengambil foto amatir hampir di manapun di negara ini, namun fotografi komersial memerlukan otorisasi khusus. Misalnya, penembakan komersial di Trafalgar Square dan Parliament Square hanya bisa dilakukan dengan izin Walikota London.
Di Inggris ternyata tak selamanya boleh foto sana-sini. Misalnya, foto di Trafalgar Square dan Parliament Square untuk keperluan komersil harus ada persetujuan dari Walikota London.

7. Jepang

Di Jepang, dilarang memotret kuil dan patung tertentu. Katanya, berfoto bisa mengganggu roh. Di sini Kamu dapat menemukan daftar lengkap lokasi-lokasi yang dilarang tersebut - beberapa di antaranya tidak boleh difoto sama sekali, sementara yang lain dilarang pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

8. Aljazair 

Aljazair cukup ketat, terutama bagian selatan negara ini. Kamu bisa memotret pria setelah mendapat persetujuan dari mereka. Kalau wanita baru bisa difoto setelah mendapat persetujuan suami atau ayah mereka, karena dianggap sebagai milik mereka. Di sana juga sangat dilarang untuk mengambil foto jembatan, bendungan, dan benda-benda militer.



(Sumber: Brightside.me)

No comments