7 Ciri Mengejutkan Orang Ber-IQ Tinggi

7 Ciri Mengejutkan Orang dengan IQ Tinggi

Intelligent quotient atau IQ bukan satu-satunya indikator untuk menentukan kecerdasan seseorang, namun tak dapat dipungkiri bahwa IQ sering digunakan orang banyak untuk mengukur kecerdasan seseorang.
Tak mengherankan bila beberapa sekolah mengadakan tes IQ untuk mengukur kecerdasan para siswa. Siswa yang memiliki nilai IQ tinggi pun langsung dicap sebagai siswa cerdas. Namun menurut sejumlah studi, ada sejumlah ciri yang dapat menggambarkan tingkat kecerdasan seseorang.

Berikut 7 ciri orang dengan IQ tinggi seperti dikutip dari Independent, Senin (4/9/2017): 

1. Penyendiri

Mungkin sebagian orang membayangkan soal tertawa bersama teman-teman jika bicara soal bahagia. Namun, bersosialisasi justru membuat orang yang ber-IQ tinggi menderita.
Menurut penelitian, jika seorang yang ber-IQ tinggi semakin bersosialisasi dengan teman, maka tingkat kepuasan terhadap hidup mereka sendiri semakin kecil.

2. Berpandangan Politik Liberal

Mereka yang ber-IQ tinggi diduga memiliki pandangan politik liberal. Alasannya adalah bahwa keyakinan liberal cenderung melawan naluri evolusioner. Kekuatan tersebut membuat seseorang lebih mungkin untuk mengatasi perubahan.

3. Tidur Larut Malam

Meski tidur larut malam tidak akan membantu karir, sekolah, kesehatan, atau hal lain dalam hidup namun dalam sebuah studi mengungkap bahwa kebiasaan itu tak berlaku bagi mereka yang ber-IQ tinggi. Mereka yang ber-IQ tinggi cenderung tidur larut malam dan bangun siang.

4. Malas

Jangan mudah menuduh orang-orang 'pemalas' tidak bekerja keras. Menurut penelitian, otak mereka yang bekerja dengan keras.
Orang-orang yang malas lebih senang berpikir. Sementara mereka yang tidak, lebih suka melakukan aktivitas fisik.

5. Menggunakan Obat-Obatan Terlarang

Menurut penelitian ilmiah, mereka yang ber-IQ tinggi cenderung menggunakan obat-obatan terlarang. Hal ini mungkin karena orang cerdas lebih terbuka terhadap pengalaman baru dan mudah merasa bosan.
Namun, dibanding laki-laki hal ini lebih sering terjadi pada perempuan. Tapi bukan berarti semua pengguna obat-obatan terlarang adalah orang yang cerdas.

6. Tak Memiliki Hubungan Romantis saat Remaja

Ya, studi menunjukan stereotipe yang menyebut bahwa orang jenius biasanya tak beruntung dalam percintaan itu sebenarnya tidak jauh dari kebenaran. Mungkin hal ini didorong dengan sikap penyendiri orang-orang yang ber-IQ tinggi.

7. Menderita Gangguan Kesehatan Mental

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa anak-anak yang ber-IQ tinggi, biasanya terkait dengan gangguan kesehatan mental, salah satunya bipolar.
Menurut studi lain, orang-orang yang cerdas juga biasanya lebih mudah gelisah dibanding yang lain.

No comments