Inilah 7 Makanan Paling Mahal di Dunia

Pemahaman orang tentang ungkapan "makanan mahal" memang sangat bervariasi. Banyak orang yang berpikir, 'makanan mahal' itu salmon merah, jamur truffle, atau cokelat. Namun, sebenarnya ada berbagai produk makanan yang memiliki label harga yang tak akan pernah kalian bayangkan.
 
Dilansir TribunTravel.com dari Bright Side, inilah tujuh makanan termahal di dunia.

 1. Kopi Luwak

(© Ulet Ifansasti)


Kopi ini di Indonesia, Filipina, dan di India bagian selatan. Kopi luwak adalah kopi termahal di dunia. Harganya bervariasi mulai 250 dolar AS (Rp 3,3 juta) sampai 1.200 dolar AS (Rp 16 juta) per kilogram. Kopi ini terkenal dengan cara prosesnya yang begitu tak biasa.

2. Sup Sarang Walet

(© atorus.ru)
Hampir seluruh sarang burung dibuat air liur burung walet, tanpa tambahan apapun. Meski agak menjijikkan, namun sarang burung walet jadi masakan lezat di China. Alasan kenapa harga hidangan ini begitu mahal: mengumpulkan sarang burung walet adalah kegiatan berbahaya. Burung-burung membangun sarang di tebing tinggi nan terjal sehingga risiko terjatuh sangat tinggi. Untuk menikmati sarang burung walet, kamu harus merogoh kocek 3.000 dolar AS (Rp 40 juta) per kilogram.

3. Saffron

(© totuldespreraw.ro)
Harga bahan bumbu ini bisa berkisar 400 (Rp 5,3 juta) sampai 1.000 dolar AS (Rp 13 juta) per kilogram. Ini karena saffron tumbuh hanya tujuh hari setahun di musim gugur. Lantas, bunga-bunga ini dikumpulkan dan diproses dengan tangan. Selain itu, untuk mengumpulkan hanya 1 kg saffron perlu memilih dari 300 ribu bunga.

4. Ayam Cemani

(© amaderkonthosor.com)
Ayam Cemani dikembangbiakkan di Indonesia, namun tidak diekspor ke berbagai negara. Jenis unggas ini sangat langka sehingga satu ayam dihargai sekitar 200 dolar AS (Rp 2,6 juta) di Indonesia. Di luar negeri, harganya bisa mencapai ribuan dolar. Namun, di Malaysia, ayam cemani sangat umum sehingga harganya tidak terlalu tinggi ketimbang ayam biasa.

5. Steak Wagyu Jepang

(© Sam Ruttyn)
Steak Wagyu berbahan dari daging sapi Jepang sekaligus hidangan paling lezat dan paling mahal di dunia. Dagingnya memiliki aroma yang menakjubkan. Di Jepang, sapi betina Wagyu yang diambil dagingnya harus selalu dipijat, minum bir, dan diperdengarkan musik klasik. Harga 1 kg daging jenis ini bisa mencapai 450 dolar AS (Rp 6 juta).

6. Jamón Ibérico

(© transferdiamar.com)
Jamón Ibérico diproduksi di Spanyol adalah jenis ham termahal di dunia. Di Spanyol, babi Iberia diberi makan secara eksklusif dengan biji pohon ek dan area yang luas agar mereka dapat merumput. Harga satu kilogramnya berubah antara 392 dolar AS (Rp 5,2 juta).

7. Keju Moose

(© tibetua)
Satu keju termahal di dunia adalah keju moose dan diproduksi hanya di satu tempat: di peternakan Moose di Swedia. Keju moose berwarna putih dan mirip pada keju feta. Harganya sekitar 1.074 dolar AS (Rp 14,3 juta) per kilogram dan jumlahnya sangat terbatas.



(Sumber: TribunTravel.com)

No comments